IMPLEMENTASI VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS IX DI MTS DARUL HASANAH, BANJARDOWO, GENUK, SEMARANG

Astuti, Erna Dwi (2018) IMPLEMENTASI VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS IX DI MTS DARUL HASANAH, BANJARDOWO, GENUK, SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4 BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
File 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
File 6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
File 7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
File 8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
File 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Variasi Metode adalah dua atau lebih metode pembelajaran yang digunakan untuk mengadakan interaksi belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Variasi Metode yang dimaksud dalam penelitian ini adalah metode ceramah, tanya jawab, latihan, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Skripsi ini membahas tentang Implementasi Variasi Metode dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas IX di MTs Darul Hasanah, Banjardowo, Genuk, Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi variasi metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IX di MTs Darul Hasanah, Banjardowo, Genuk, Semarang. Masalah ini dikaji secara ilmiah dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh melalui kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan peserta didik. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dari pihak tata usaha. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi data (data verivication/conclusion drawing). Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan variasi metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IX di MTs Darul Hasanah telah berjalan cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan perencanaan yang dilakukan oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang di dalamnya memuat tujuan, materi, metode, langkah-langkah, media dan penilaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis.; 2) Pelaksanaan variasi metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darul Hasanah, sudah berjalan cukup baik, karena semua aspek-aspek dalam pelaksanaan variasi metode telah dilakukan oleh guru; 3) Evaluasi variasi metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan variasi metode di MTs Darul Hasanah, telah berjalan cukup baik karena dengan penerapan variasi metode dapat memberikan pengaruh yang positif kepada peserta didik, dimana peserta didik sebagian besar menjadi lebih paham dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Variasi, Metode, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:52
Last Modified: 03 May 2018 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item