Niam, Dicha Bahrun (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BLORA. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
file 1 COVER.pdf Download (975kB) | Preview |
|
|
Text
file 2 ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
file 3 DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
file 4 BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
file 5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text
file 6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
file 7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
file 8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
|
Text
file 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru PAI yang memiliki tantangan dengan diterapkannya kurikulum 2013. Pendekatan saintifik (ilmiah) yang menjadi ciri khas penerapan kurikulum 2013 pada pembelajan PAI di sekolah. Pendekatan saintifik, memiliki langkah-langkah saintifik yang harus diterapkan diantaranya ialah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Langkah tersebut harus ada dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. langkah inilah yang menjadi fokus penelitian. Adapun sekolah yang menjadi objek penelitian ialah di MAN Blora dengan subjek penelitian guru PAI, pada pembelajaran al Qur’an Hadis. Peneliti akan membahas perencanaan yang telah dirancang guru dalam RPP, implementasi pembelajaran di kelas, dan evaluasi proses implementasi pendekatan saintifik dalam pemebelajaran di kelas. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Data yang diperoleh peneliti dilapangan menunjukkan guru telah mampu menyusun langkah-langkah saintifik dalam RPP sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Data observasi telah menunjukkan dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dikelas guru telah melaksanakan dengan efektif. Guru menggunakan media visual, memotivasi siswa aktif bertanya serta memberikan kesempatan siswa melakukan kegiatan mengkomunikasikan atau presentasi. Guru juga terlibat dalam membimbing menyimpilkan, pembelajaran dan menilai siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran al Qur’an Hadis, Langkah-langkah Saintifik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:52 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10581 |
Actions (login required)
View Item |