FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KETERKAITAN AKTIVITAS EKONOMI KAWASAN PINGGIRAN TERHADAP PUSAT KOTA (Studi Kasus: Perumahan Bukit Jatisari, Kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) Kota Semarang)

PRADITARA, AMANDA NAZIA (2017) FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KETERKAITAN AKTIVITAS EKONOMI KAWASAN PINGGIRAN TERHADAP PUSAT KOTA (Studi Kasus: Perumahan Bukit Jatisari, Kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Kawasan pinggiran kota yang telah mengalami perkembangan yaitu Perumahan Bukit Jatisari di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB). Kawasan tersebut diwujudkan sebagai kota mandiri, dengan permukiman dan perumahan terencana dan fasilitas-fasilitas pendukung permukiman. Perkembangan pada Kawasan Bukit Semarang Baru belum berkembang secara pesat karena hanya permukiman dan perumahan yang terus dibangun, fasilitas pendukungnya belum memenuhi. Oleh karena itu, kawasan Bukit Jatisari memiliki keterkaitan dengan pusat kota dalam hal saling bergantung antara satu dengan lainnya. Berdasarkan kondisi diatas, pentingnya penelitian ini adalah untk, mengalisis faktor-faktor pengaruh keterkaitan aktivitas ekonomi kawasan Perumahan Bukit Jatisasri terhadap pusat Kota Semarang. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan beberapa analisis antara lain, analisis karakteristik sosial ekonomi masyarakat Perumahan Bukit Jatisari, analisis faktor-faktor yang mempengaruhinya dan analisis faktor utama pengaruh keterkaitan aktivitas ekonomi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif kuantitatif rasionalistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor-faktor pengaruh keterkaitan aktivitas ekonomi kawasan Perumahan Bukit Jatisari terhadap Kota Semarang yaitu terdapat faktor uatama dan faktor pendukung. Faktor utama dari keterkaitan aktivitas ekonomi yaitu ketersediaan fasilitas ekonomi (pelayanan fasilitas ekonomi, kelengkapan fasilitas ekonomi dan waktu aktivitas atau penggunaannya). Faktor pendukung terdiri dari 3 faktor yaitu kondisi perekonomian masyarakat, penggunaan fasilitas ekonomi serta aksesibilitas dari kawasan Perumahan Bukit Jatisari menuju Pusat Kota Semarang. Rekomendasi dalam studi ini, diharapkan pemerintah selaku penanggung jawab dalam pembangunan kota dapat meningkatkan ketersediaan dan pelayanan fasilitas ekonomi di kawasan pinggiran. Selain itu untuk masyarakatnya diharapkan agar dapat membantu dan berpartisipasi bersama pemerintah dalam peningkatan ketersediaan fasilitas ekonomi. Serta dapat dilakukan studi lanjutan dari studi ini yaitu penelitian yang berkaitan dengan pola interaksi kawasan pinggiran dengan pusat kota dalam hal sosial ekonomi dan fisik. Kata Kunci : Keterkaitan, Aktivitas Ekonomi, Kawasan Pinggiran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:49
Last Modified: 13 Feb 2018 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10260

Actions (login required)

View Item View Item