PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MULTIMEDIA KELAS V SDN 01 RAJEKWESI JEPARA

Handayani, Tri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MULTIMEDIA KELAS V SDN 01 RAJEKWESI JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN 01Rajekwesi Jepara, ditemukan masalah dalam pembelajaran bermain drama. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan model dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Berdasarkan nilai semester satu (2016/2017), hanya 9 dari 19 siswa (47,36%) yang nilainya mencapai KKM yaitu 70.penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama melalui model Role Playing berbantuan multimedia di kelas V SDN 01 Rajekwesi. Subyek penelitian ini kelas V SDN 01 Rajekwesi dengan jumlah siswa 19. Penelelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan observasi.pada siklus I keterampilan bermain drama siswa mendapatkan persentase ketuntasan 42,10% kriteria kurang baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori kurang baik dan baik adalah 11 dan 8 dan pada siklus II keterampilan bermain drama mendapatkan persentase 89,47% kriteria sangat baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 2 dan 17 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN 01 Rajekwesi Jepara. Kata Kunci: Keterampilan Bermain Drama, Role Playing, Multimedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:48
Last Modified: 13 Feb 2018 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item