Handayani, Tri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MULTIMEDIA KELAS V SDN 01 RAJEKWESI JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN 01Rajekwesi Jepara, ditemukan masalah dalam pembelajaran bermain drama. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan model dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Berdasarkan nilai semester satu (2016/2017), hanya 9 dari 19 siswa (47,36%) yang nilainya mencapai KKM yaitu 70.penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama melalui model Role Playing berbantuan multimedia di kelas V SDN 01 Rajekwesi. Subyek penelitian ini kelas V SDN 01 Rajekwesi dengan jumlah siswa 19. Penelelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan observasi.pada siklus I keterampilan bermain drama siswa mendapatkan persentase ketuntasan 42,10% kriteria kurang baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori kurang baik dan baik adalah 11 dan 8 dan pada siklus II keterampilan bermain drama mendapatkan persentase 89,47% kriteria sangat baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 2 dan 17 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN 01 Rajekwesi Jepara. Kata Kunci: Keterampilan Bermain Drama, Role Playing, Multimedia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10226 |
Actions (login required)
View Item |