Sopiatun, Sopiatun (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA KELAS II SD NEGERI TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match dengan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match memenuhi KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II SD Negeri Tambakroto tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sistematis, yaitu berdasarkan nomor urut yaitu ganjil dan genap. Nomor genap sebagai kelas kontrol dan ganjil sebagai kelas eksperimen. teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan Desain Intact Group Comparison. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T Test dan uji One Sample T Test semua perhitungan diolah menggunakan program SPSS versi 16. Dari hasil penelitian yang dilakukan uji Independent Sample T Test yaitu thitung = -4.312 dan ttabel = 2,003 dengan signifikansi 0,000, maka 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match dengan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional. Untuk uji One Sample T Test yaitu thitung = 7.413 dan ttabel = 2,051 dengan signifikansi 0,000, maka 0,000 < 0,05. Dengan demikian, kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match memenuhi KKM. Kata Kunci : model pembelajaran tipe make a match, pemahaman konsep matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10223 |
Actions (login required)
View Item |