Umayah, Siti (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
Abstract
Dalam penelitian-,ini..bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Scramble dengan berbantuan media visual di kelas V A SDN Muktiharjo Lor Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas melalui alur dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Terdapat empat tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siswa kelas V A SDN Muktiharjo Lor sebagai subyek penelitian yang berjumlah 26. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Mengukur prestasi belajar siswa dengan teknik tes alat digunakan lembar evaluasi. Selanjutnya teknik non tes yaitu menggunakan data terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa serta lembar angket untuk mengukur sikap disiplin siswa. Hasil peningkatan sikap disiplin siswa ditunjukan dengan meningkatnya indikator disiplin belajar pada setiap akhir siklus. Hasil siklus I diperoleh presentase sebanyak 77,16% kategori sikap disiplin siswa baik. Sedangkan hasil pada siklus II memperoleh presentase sebesar 84,59% termasuk kategori sikap disiplin siswa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa siklus I ditunjukkan presentase ketuntasan klasikal sebesar 69,23% dengan rata-rata 73,08%. Pada siklus II meningkat menjadi 92,23% dengan rat-rata 86,41%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa hasil penelitian model pembelajaran scramble berbantuan media visual dapat meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar di kelas V A SDN Muktiharjo Lor Genuk Semarang. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar Pkn, Model Pembelajaran Scramble
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10220 |
Actions (login required)
View Item |