PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 01

Utami, Sartika (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama melalui model pembelajaran course review horay berbantu media visual dikelas V SDN Sembungharjo 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu pada kelas V SDN Sembungharjo 01 yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggungkan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi siswa melalui soal evaluasi yang dibagikan pada akhir siklus, dan teknik non tes terdiri dari angket yang digunakan untuk mengukur tanggung jawab siswa dengan berupa lembar angket, kemudian observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian telah menunjukan hasil angket pada siklus I memperoleh jumlah skor 2233 dengan rata-rata 71% dengan kriteria tanggung jawab baik, sedangkan siklus II memperoleh jumlah skor 2694 dengan rata-rata 86% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siklus I mendapat persentase ketuntasan 76% dengan rata-rata 75,38, sedangkan siklus II mendapat persentase ketuntasan 93% dengan rata-rata 83,33. Berdasarkan dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model course review horay berbantu media visual dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar PKn materi menghargai keputusan bersama dikelas V SDN Sembungharjo 01 Semarang. Kata Kunci : Tanggung jawab dan Prestasi Belajar PKn, Course Review Horay, Media Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:47
Last Modified: 13 Feb 2018 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item