PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN MENUR

Fitriani, Rikha (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN MENUR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan audio visual dikelas V SDN Menur Kecamatan Meranggen Kabupaten Demak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dari dua pertemuan yang terbagi menjadi empat tahapan yaitu peencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Menur dengan jumlah siswa sebanyak 23. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Dalam teknik tes, alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah lembar evaluasi, sedangkan teknik non tes menggunakan observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa serta angket dengan menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur peningkatan motivasi siswa, peningkatan motivasi siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan indikator- indikator motivasi dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 62,29% termasuk kategori termotivasi. Pada siklus II memperoleh presentase sebanyak 88,22% termasuk kategori sangat termotivasi. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan presentase 60,87%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,30%. Mendasari hasil penelitian diatas menyimpulkan bahwa motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran PKn kelas V SDN Menur dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran Index Card Match berbantuan audio visual. Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Index Card Match, Audio Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item