PENGARUH ICE BREAKING PADA MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD N KARANGROTO 02 SEMARANG

Anis, Rifka (2017) PENGARUH ICE BREAKING PADA MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD N KARANGROTO 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)

Abstract

Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup masih rendah, sehingga perlu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar terutama pada kegiatan pembelajaran yang membosankan nilai dan motivasi belajar peserta didik. Ice Breaking pada model Team Games Tournament digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar karena Ice Breaking pada model Team Games Tournmanet merupakan model yang dapat mengaplikasikan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ice Breaking pada model Team Games Tournamnet terhadap prestadi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas III SD N Karangroto 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperient dengan kegiatan post test yang sama. Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan uji hipotesis dengan uji t. Hasil analisis uji hipotesis Nilai rata-rata siswa yang menggunakan Ice Breaking dan Model TGT lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah, yaitu pembelajaran Ice Breaking pada model TGT diperoleh 74dan metode ceramah 65,87. Dan data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Hasilnya dapat dilihat dari uji t Ice Breaking pada model Team games Tournament lebih berpengaruh dari pada menggunakan metode ceramah, ditunjukan dengan thitung > ttabel. thitung sebesar = 2,20484387 dan ttabel = 2,02269092. Artinya Ho ditolak Ha diterima. Motivasi siswa pada Ice Breaking pada model TGT juga lebih baik di bandingkan dengan metode ceramah hal ini dapat dilihat pada rata-rata motivasi siswa di metode RME adalah 51 dan rata-rata siswa di metode ceramah adalah 47,6060. Hasilnya juga dapat dilihat saat uji t yang menunjukkan thitung > ttabel. thitung sebesar = 3,28401 dan ttabel = 2,738481. Artinya Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci : pengaruh, Ice Breaking, Team Games Tournament, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10208

Actions (login required)

View Item View Item