PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COMPLETTE SENTENCE DI KELAS V SDN DONOROJO 01 DEMAK

Saadah, Nailis (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COMPLETTE SENTENCE DI KELAS V SDN DONOROJO 01 DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sikap tanggung jawab siswa yang kurang dan keterampilan menulis siswa yang terbilang rendah, hal ini disebabkan ketika mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa tidak mau menyelesaikan tugas yang berikan oleh guru serta daya tangkap dan nalar siswa kurang. Selain itu minat belajar siswa juga sedikit, dan perhatian siswa terhadap penjelasan guru juga kurang, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Complette Sentence yang diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan ketrampilan menulis karangan narasi siswa melalui metode pembelajaran Complette Sentence di kelas V SD Negeri Donorojo 01 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Donorojo 01 Demak yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang meliputi lembar unjuk kerja siswa, lembar angket, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan jumlah skor 2164 dan persentase sebesar 66%. Kemudian pada siklus II dengan jumlah skor 2692 dan persentase sebesar 82%. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata- rata 10,82 dan persentase siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 67%, kemudian pada siklus II dengan nilai rata- rata 12,33 dan persentase nilai siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 88%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Complette Sentence dapat meningkatkan tanggung jawab dan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Negeri Donorojo 01 Demak. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Keterampilan menulis karangan narasi, Metode Pembelajaran Complette Sentence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item