Lutfi, Muhammad (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DI KELAS IV SD NEGERI KALISARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas IVB SDN Kalisari 1, menunjukan bahwa motivasi belajar siswa masih kurang terbukti dengan siswa hanya datang duduk saja di kelas, siswa tidak aktif bertanya atau mengemukakan pendapatnya dan rame sendiri saat mengikuti pembelajaran, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawah KKM.Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipeTime Token Arendsdi kelas IV SDN Kalisari 1. Subyek penelitian ini kelas IVB SDN Kalisari 01 dengan jumlah siswa 38. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Pada siklus I motivasi belajar siswa mendapatkan presentase 79,82% kriteria baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori termotivasi dan sangat termotivasi adalah 30 dan 8 siswa dan siklus II mengalami peningkatan dengan mendapat presentase 91,01% dengan semua siswa yang mendapatkan kategori sangat termotivasi. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh presentase klasikal 61% dengan rata-rata 67,58, sedangkan siklus II mengalami kenaikan dengan memperoleh ketuntasan klasikal 87% dengan rata-rata 82. Demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipeTime Token Arends dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kalisari 1. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Model Kooperatif tipe Time Token Arends
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:46 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10197 |
Actions (login required)
View Item |