PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02

Mansuron, Mansuron (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan motivasi maupun prestasi belajar mata pelajaran IPS yang dinilai masih kurang di kelas V SD Negeri Genuksari 02 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas V SD Negeri Genuksari 02 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 44 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 75% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 91% hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 48% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 86,38% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas V SD Negeri Genuksari 02. Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item