PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM 1

M. Taufiqurrozaq, M. Taufiqurrozaq (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri Karangasem 1, menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa masih kurang terbukti dengan siswa hanya datang duduk saja di kelas, siswa tidak aktif bertanya atau mengemukan pendapatnya dan rame sendiri saat mengikuti pembelajaran, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang di peroleh dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Treffinger dikelas IV SD Negeri Karangasem 1. Subyek penelitian ini kelas IV SD Negeri Karangasem 1 dengan jumlah siswa 37. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I kreativitas belajar mendapat presentase 65 % kriteria baik dan dengan jumlah siswa yang mendapatkan ketegori baik dan sangat baik adalah 21 dan 16 siswa dan siklus II Mendapatkan presentase 87,45 % kriteria sangat baik dan sangat baik dengan jumlah siswa yang 28 dan 9 siswa. Pada prestasi belajar , siklus I memperoleh presentase klasikal 64,56% dengan rata-rata kelas 70%, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 71,51 dengan rata-rata 87%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Karangasem 1. Kata Kunci: Prestasi belajar, kreativitas kelajar, model Treffinger

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item