PENINGKATAN DISIPLIN DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IVA SDN KALISARI 3

Islamiati, Linda (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IVA SDN KALISARI 3. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Disiplin dan Nilai Belajar pada mata pelajaran IPA melalui model Index Card Match berbantuan media Audio Visualpada kelas IVA di SDN Kalisari 3. Berdasrkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2016 di kelas IVA SDN Kalisari 3 jumlah siswa 37 siswa menujukan bahwa disiplin belajar masih kurang. Hal tersebut terbukti dengan siswa kurang disiplin dalam masalah waktu, siswa cenderung datang tidak tepat waktu, tidak mematuhi peraturan yang ada. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Dari hasil penelitian menjukan bahwa model Index Card Match berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan sikap disiplin dan nilai belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan hasil disiplin belajar pada siklus I sebesar 71,1% dapat dikategorikan kedalam kriteria disiplin. Presentase meningkat pada siklus II menjadi 85,2% dapat dikategorikan kedalam kriteria sangat disiplin. Pada nilai belajar memperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 61,35 dengan presentase sebesar 24,32%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai belajar siswa sebesar 82 dengan presentase ketuntasan sebesar 86,4%, maka dapat disimpulkan penelitian menggunakan model Index Card Match berbantuan media Audio Visualdapat meningkatkan disiplin dan nilai belajar IPA kelas IVA SDN Kalisari 3. Kata Kunci : Disiplin, Nilai Belajar, Model Index Card Match, Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item