Sholikhah, Kholifatus (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE WRITING IN THE HERE AND NOW KELAS V SDN CRIWIK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang dilaksanakan di kelaS V SDN Criwik kecamatan pancur kabupaten rembang yang menunjukkan pembelajaran keterampilan menulis siswa masih rendah karena masih digunakannya pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada guru. Selain itu, penyebab rendahnya keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diantaranya yaitu kurangnya minat siswa terhadap kegiatan menulis, pengembangan strategi pembelajaran yang kurang membangkitkan keterampilan siswa dan kreativitas siswa dalam berbahasa maupun bersastra, media yang digunakan dalam pembelajaran yang kurang sesuai sehingga siswa kurang bersemangat dalam belajar, siswa juga masih kesulitan dalam menentukan ide atau gagasan apa yang harus ditulis, siswa dalam menulis kurang mampu mengolah kata sehingga tulisannya belum tepat sasaran. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM pada Ulangan Harian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa materi karangan narsasi melalui metode writhing in the here and now pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Criwik kecamatan pancur kabupaten rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Criwik kecamatan pancur kabupaten rembang yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I sebanyak 40% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 86,7% dengan kriteria siswa sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran melalui metode writhing in the here and now dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Criwik. Kata Kunci: Keterampilan menulis, karangan narasi, metode writing in the here and now
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10189 |
Actions (login required)
View Item |