PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI BERMAIN DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DI KELAS V SDN KARANGREJO 01 BONANG DEMAK

Putri, Khoirisa Aftika (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI BERMAIN DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DI KELAS V SDN KARANGREJO 01 BONANG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bermain drama mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran bamboo dancing di kelas V SDN Karangrejo 01 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Bonang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dalam bermain drama pada siklus I memperoleh jumlah 438 dengan nilai rata-rata kelas 57% dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus II dengan memperoleh jumlah 650 dengan nilai rata-rata kelas 86% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 2 siklus diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing (tari bambu) dapat meningkatkan keterampilan berbicara dengan materi bermain drama pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Bonang-Demak. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Bermain Drama, Model Bamboo Dancing (Tari Bambu)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10188

Actions (login required)

View Item View Item