PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SD NEGERI WATUJAYA

Arifiyah, Ismatun (2017) PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SD NEGERI WATUJAYA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media pembelajaran di kelas III SD Negeri Watujaya Kota Brebes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang mana dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Watujaya dengan jumlah siswa 6 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes, dimana teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir siklus. Sedangkan teknik non tes terdiri dari angket yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dengan menggunakan lembar angket, kemudian observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh jumlah klasikal 63% dengan kategori motivasi belajar siswa baik, siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh jumlah klasikal 85,33% yang berarti motivasi belajar siswa sangat baik. Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata rata 80 dengan ketuntasan klasikalnya 83,33 dan pada siklus dua mengalami peningkatan hasil belajar, dimana pada siklus II memperoleh rata rata 90 dengan ketuntasan klasikalnya 100%. Jadi kesimpulan dari pnelitian ini adalah bahwa pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri Watujaya. Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran, Motivasi belajar dan Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item