PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI GEBANGSARI 01 SEMARANG

Sofiah, Hida Mawaridhotus (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI GEBANGSARI 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen di kelas III SDN Gebangsari 01 Semarang, kecamatan genuk, kota semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III A SDN Gebangsari 01 yang berjumlah 32 siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan peningkatan indikator tanggung jawab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 1266 dengan presentase 79,12% dengan kriteria baik dan pertemuan kedua memperoleh skor 1368 dengan presentase 85,5% dengan kriteria sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,84 dan presentase ketuntasan 75%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,53 dan presentase ketuntasan 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA dikelas III SD Negeri Gebangsari 01 Semarang. Kata kunci: Tanggung jawab, Prestasi belajar, Eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item View Item