PENINGKATAN SIKAP TELITI DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN MUKTIHARJO LOR

Nugroho, Hery (2017) PENINGKATAN SIKAP TELITI DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan sikap teliti dan pemahaman konsep mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran discovery learning di kelas VI SD N Muktiharjo Lor Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I pertemuan 1 dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2017, sedangkan siklus 1 pertemuan 2 dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2017 dan siklus II pertemuan 1 dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus dan siklus 2 pertemuan 2 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD N Muktiharjo lor, kecamatan Genuk, Kota Semarang.yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan sikap teliti siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek sikap teliti yang dinilai pada setiap pertemuan. Pada siklus I diperoleh presentase 61,17% dengan kriteria sikap teliti cukup baik. Sedangkan pada siklus II diperoeh presentase 87,89% dengan kriteria sikap teliti sangat baik. Adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman konsep pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 65,78%,Pada siklus II dengan presentase 92,1% Data tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II sebagian besar siswa sudah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery learning dapat meningkatkan sikap teliti dan pemahaman konsep di kelas VI SDN Muktiharjo Lor. Kata Kunci: Sikap Teliti, Pemahaman Konsep, Model Discovery learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item