PENINGKATAN TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02

Qoniah, Farida Tofsiatul (2017) PENINGKATAN TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Toleransi dan Prestasi Belajar PKn Materi Menghargai Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Debat Kelas V SDN Sembungharjo 02. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan toleransi dan prestasi belajar mata pelajaran PKN melalui model pembelajaran debat kelas V SDN Sembungharjo 02, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebannyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas Vb Sembungharjo 02 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Adanya peningkatan toleransi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh jumlah siswa 19 anak dengan kriteria cukup toleransidengan persentase 76% dan jumlah siswa 6 anak dengan kriteria toleransi 24%. Pada siklus II diperoleh jumlah siswa 25 anak dengan kriteria toleransi dengan persentase 100%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 70,56% dengan persentase ketuntasan kelas 60%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 90,56% dengan persentase ketuntasan kelas 92%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran debat dapat meningkatkan toleransi dan prestasi belajar di kelas Vb Sembungharjo 02. Kata kunci : Toleransi, prestasi belajar,Model Pembelajaran Debat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:44
Last Modified: 13 Feb 2018 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item