Mauluddina, Eka Rizka (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA VIDEO KELAS III B SDN KALICARI 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (16kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III B SDN Kalicari 01 Semarang yang menunjukkan kurangnya rasa ingin tahu siswa, ditunjukkan dengan masih digunakannya model pembelajaran yang berpusat kepada guru dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Selain itu, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih kurang, banyak siswa yang nilainya dibawah KKM pada Ulangan Harian yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media video pada mata pelajaran IPS di kelas III B SDN Kalicari 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan, tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III B SDN Kalicari 01 Semarang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sikap rasa ingin tahu pada siklus I sebanyak 78% dengan kriteria rasa ingin tahu baik dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kriteria rasa ingin tahu siswa sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan pada siklus I sebanyak 56% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media video dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas III B SDN Kalicari 01 Semarang. Kata Kunci: rasa ingin tahu, prestasi belajar, Mind Mapping, media video
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:44 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10166 |
Actions (login required)
View Item |