PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SD NEGERI 02 BRABO

Utami, Dwi Luwih (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SD NEGERI 02 BRABO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dan prestasi belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas VI A SD Negeri 02 Brabo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan tanggung jawab siswa pada siklus I Sebanyak 77% dari 20 siswa, yang mendapat skor sangat baik ada 10 siswa, yang mendapat skor baik ada 5 siswa, yang mendapat skor cukup baik ada 5 siswa, dan yang mendapat kurang baik tidak ada, dan pada siklus II meningkat menjadi 93% dari 20 siswa semua mendapat kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunjukan pada siklus I sebanyak 45%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ada 9 siswa dan sisanya 11 siswa belum mencapai KKM, dan pada siklus II meningkat menjadi 90%siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ada 18 siswa dan sisanya 2 siswa belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas VI A SD Negeri 02 Brabo. Kata Kunci :Tanggung jawab, Prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:44
Last Modified: 13 Feb 2018 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item