Widiastuti, Desi (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPTBERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS III SD N BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
Abstract
Pada mata pelajaran IPS, siswa diarahkan untuk menjadi manusia yang memiliki sikap sosial yang tinggi dan juga bertanggung jawab, serta memiliki prestasi yang baik. Berdasarkan hasil observasi di kelas III SD N Bangetayu Wetan 02 Semarang, menunjukan bahwa tanggung jawab siswa masih kurang hal ini dibuktikan dengan kurangnya kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan masih banyaknya siswa yang mencontek saat adanya tugas rumah. Selain itu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih terbilang rendah hal ini dibuktikan masih ada siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran cooperative scriptberbantuan media visualdi kelas III SD N Bangetayu Wetan 02 Semarang.Subyek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 42 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan model pembelajaran Cooperative Scriptberbantuan media visualdapat meningkatkan sikap tanggung jawab dengan ketuntasan klasikal 78% dengan kriteria baik atau bertanggung jawab pada siklus I dan siklus II diperoleh 86,02% dengan kriteria sangat baik atau sangat bertanggung jawab. Prestasi belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 71,59% dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80,63% dengan keriteria baik sekali. Dari hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media visual dapat disimpulkan bahwa model ini dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS kelas III SDN Bangetayu Wetan 02 Semarang. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi belajar, Model pembelajaran Cooperative Scriptberbantuan media visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:44 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10159 |
Actions (login required)
View Item |