PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PANEL DI KELAS V SDN PANDEAN LAMPER 04

Ismiwati, Bety (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PANEL DI KELAS V SDN PANDEAN LAMPER 04. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn melalui metode pembelajaran di kelas V SDN Pandean Lamper 04 di kota Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari du pertemuan dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandean Lamper 04 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, dengan menggunakan soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir siklus, sedangkan teknik non tes terdiri dari angket yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa dengan menggunakan lembar angket, kenudian observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi ktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil jumlah angket minat belajar siswa pada siklus 1 dengan kategori MS(minat sangat baik) memperoleh 3 siswa dengan presentase10,7% dengan kategori minat belajar siswa belum memenuhi indikator keberhasilan , sedangkan siklus II jumlah minat belajar siswa dengan kategori MS( minat sangat baik) memperoleh 26 siswa dengan presentase 92,8%. Prestasi belajar siklus I rata-rata ketuntasan klasikalnya 64,29% dan rata-rata 66,96, siklus II rata-rata keuntasan klasikalnya 89,29% dan rata-rata 85,18. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran dapat menigkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pandean Lamper 04. Kata Kunci :Minat dan Prestasi Belajar PKn ,Metode Diskusi Panel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item