PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATEMATHIC EDUCATION TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA KELAS 5 SD NEGERI 3 JEPANG KUDUS

Hafni, Anggiatika Haida (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATEMATHIC EDUCATION TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA KELAS 5 SD NEGERI 3 JEPANG KUDUS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi tanggung jawab yang dimiliki siswa kurang, karena terbukti banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah, kurangnya berpikir kreatif siswa, dan nilai siswa nilai siswa masih di bawah KKM. Skripsi ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RME terhadap tanggung jawab dan berpikir kreatif matematika siswa kelas 5 SD 3 Jepang Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian The One-Shot Case Study Design. Penelitian ini dilakukan di SD 3 Jepang Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data metode ini menggunakan test dan nontest yang meliputi angket, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Pengaruh pada metode ini ditunjukkan dengan membandingkan hasil nilai KKM siswa antara sebelum dan sesudah penelitian. Dapat dilihat dari perhitungan uji linier sederhana tanggung jawab dan berpikir kreatif diperoleh Ŷ = 35,425 + 0,092 X menunjukkan bahwa model pembelajaran RME dapat memperngaruhi tanggung jawab dan berpikir kreatif siswa. Dan nilai KKM berdasarkan hasil uji ketuntasan KKM dapat dilihat dari perhitungan H_1 = 69 ≥ 65 maka model pembelajaran RME berpengaruh pada nilai ketuntasan siswa kelas 5 SD 3 Jepang Kudus Kata Kunci: Tanggung Jawab, Berpikir Kreatif, Ketuntasan KKM, RME

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10150

Actions (login required)

View Item View Item