Ardhi, Alfan Wicaksana (2017) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI KELAS V SDN KARANGROTO 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
Abstract
Bedasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas V Bapak Asmui, S.pd di SDN Karangroto 4 pada pelajaran bahasa indonesia walaupun menulis puisi dirasa mudah, tetapi bagi peserta didik kelas V SD Negeri Karangroto 4 Semarang ternyata menulis puisi kurang disukai oleh siswa, hal ini terbukti dari hasil menulis puisi sangat rendah dari 44 siswa kelas V hanya beberapa siswa yang mampu menyelesaikannya, yaitu belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Hanya 41% yang tuntas, menulis puisi bebas, rata rata nilai yang didapat pun hanya 60 yaitu belum memenuhi KKM yang ditentukan 70, yang belum memenuhi KKM 59% dari 44 siswa, Penelitiann ini bertujuan untuk meningkatkann ketrampilan menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think talk write di kelas V SDN Karangroto 04 Semarang. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangroto 4 Semarang yang berjumlah 45 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan ketrampilan menulis puisi bebas pada siklus I sebanyak 58% dengan kriteria ketrampilan menulis puisi bebas kurang, sedangkan siklus II bertambah menjadi 87% dengan kriteria ketrampilan menulis puisi bebas siswa sangat baik. Bersumber pada hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkann ketrampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN Karangroto 04 Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10148 |
Actions (login required)
View Item |