PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI KELAS V SDN KARANGROTO 4 SEMARANG

Ardhi, Alfan Wicaksana (2017) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI KELAS V SDN KARANGROTO 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)

Abstract

Bedasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas V Bapak Asmui, S.pd di SDN Karangroto 4 pada pelajaran bahasa indonesia walaupun menulis puisi dirasa mudah, tetapi bagi peserta didik kelas V SD Negeri Karangroto 4 Semarang ternyata menulis puisi kurang disukai oleh siswa, hal ini terbukti dari hasil menulis puisi sangat rendah dari 44 siswa kelas V hanya beberapa siswa yang mampu menyelesaikannya, yaitu belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Hanya 41% yang tuntas, menulis puisi bebas, rata rata nilai yang didapat pun hanya 60 yaitu belum memenuhi KKM yang ditentukan 70, yang belum memenuhi KKM 59% dari 44 siswa, Penelitiann ini bertujuan untuk meningkatkann ketrampilan menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think talk write di kelas V SDN Karangroto 04 Semarang. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangroto 4 Semarang yang berjumlah 45 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan ketrampilan menulis puisi bebas pada siklus I sebanyak 58% dengan kriteria ketrampilan menulis puisi bebas kurang, sedangkan siklus II bertambah menjadi 87% dengan kriteria ketrampilan menulis puisi bebas siswa sangat baik. Bersumber pada hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkann ketrampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN Karangroto 04 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item