PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN KALISARI 1

Rohmania, Ainur (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN KALISARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn yang dinilai masih kurang dikelas V SDN Kalisari 1 menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan media Visual. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kalisari 1 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 44 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Teknik tes dan non tes digunakan untuk pengumpulan data. Adanya peningkatan disiplin dan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan peningkatan disiplin dari siklus I yaitu 78% dengan kategori baik dilanjutkan ke siklus II yaitu 81% hal ini menunjukan peningkatan disiplin sangat baik. Sementara untuk prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 79,6% dan untuk siklus II meningkat 94,4%. Hal ini menunjukan kenaikan dari siklus I ke siklus II. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Pair Check berbantuan media Visual meningkatkan disiplin dan prestasi siswa kelas V SDN Kalisari 1. KataKunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Pair Check, Media Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item