Deviani, Nella Yulva Ayu (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DI KELAS V SD ISLAM AL-FATTAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Minat belajar minat belajar adalah ketertarikan dari diri siswa dalam proses belajar mengajar sebagai wujud kemauan untuk melaksanakan suatu kegiatan belajar dengan ciri timbulnya perasaan senang, perhatian, dan aktivitas dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Namun siswa Kelas V SD Islam Al-Fattah belum memiliki minat belajar optimal. Akibat dari minat belajar yang kurang optimal prestasi belajar siswa juga menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh cara meningkatkan minat belajar belajar siswa dan prestasi belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Fattah dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Inquiry dan mengetahui besar peningkatannya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa Kelas V SD Islam Al-Fattah. Data kedisiplinan siswa dikumpulkan menggunakan teknik angket. Data prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan tes evaluasi dengan bentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat. Pada siklus I rata-rata minat belajar siswa 57,81%. Pada siklus II minat belajar siswa meningkat dibandingkan siklus I, pada siklus II mendapatkan rata-rata 80,41% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Prestasi belajar IPS juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 54,16% hal ini belum mencapai indikator keberhasilan, pada siklus II mendapatkan ketuntasan 83,33% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar, Inquiry
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10141 |
Actions (login required)
View Item |