PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI METODE OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SIDOGEMAH 2

Ni’ama, Missa Septindya (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI METODE OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SIDOGEMAH 2. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Pembelajaran IPA adalah salah satu mata pelajaran di SD. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Sidogemah 2, ditemukan permasalahan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa. Ini terjadi karena guru belum mengenalkan sebuah metode pembelajaran yang inovatif dan cenderung berpusat pada guru. Selain itu, banyak siswa yang masih mengabaikan tugas dan tanggung jawab serta cenderung pasifketika pembelajaran berlangsung.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik dengan metode pembelajaran Outdoor Study. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Sidogemah 2 yang berjumlah 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Outdoor Study, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik melalui mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 65,27% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 87,50% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa dinilai dari hasil post-test siklus I memperoleh rata-rata kelas 68,29dan ketuntasan klasikal 63,41% dengan kriteriacukup.Siklus II memperoleh rata-rata kelas 80 dan ketuntasan klasikal 87,80% dengan kriteria sangat baik. Sikap tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor 1968 dengan persentase 60% dengan kriteria cukup baik, pada siklus II memperoleh jumlah skor 2863 dengan persentase 87,28% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Outdoor Studydapat meningkatkan prestasi belajar siswa, tanggung jawab siswa dan aktivitas guru. Saran: guru lebih bisa mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan lebih sering diterapkan dalam pembelajaran terutama pembelajaran IPA. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tanggung Jawab,Outdoor Study

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:42
Last Modified: 13 Feb 2018 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item