ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE DITINJAU DARI VISUAL THINKING

Layn, Kundra Sariani (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE DITINJAU DARI VISUAL THINKING. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Koneksi Matematis, Group to Group Exchange, Visual Thinking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kemampuan visual thinking pada pembelajaran group to group exchange materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Semarang, yaitu masing-masing dua siswa yang memiliki kemampuan visual thinking ¬tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan visual thinking yang dilakukan sebelum dilaksanakannya pembelajaran. Pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkan materi bangun ruang sisi datar untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa adalah pembelajaran group to group exchange. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Tes dilakukan sebanyak dua kali, pertama dilakukan untuk mengetahui kemampuan visual thinking siswa untuk memilih subjek yang akan di teliti dan tes kedua dilakukan setelah dilakukannya pembelajaran untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dan wawancara dilakukan setelah tes koneksi matematis untuk mengetahui lebih jelas tentang hasil tes koneksi matematis siswa tersebut. Indikator untuk mengetahui koneksi matematis siswa ada tiga, yaitu koneksi antara matematika dengan metamatika, koneksi antara matematika dengan disiplin ilmu lain, dan koneksi antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis pada siswa yang memiliki kemampuan visual thinking tinggi, sedang, dan rendah sesuai pedoman penskoran kemampuan koneksi matematis sebagai berikut: (1) siswa yang memiliki kemampuan visual thinking tinggi mampu menghubungkan informasi soal dengan materi sebelumnya, menghubungkan soal dengan disiplin ilmu lain dan dapat menghubungkan masalah kehidupan nyata kedalam soal dengan benar serta jawaban benar dengan cepat dan tepat, (2) siswa yang memiliki kemampuan visual thinking sedang mampu menghubungkan informasi soal dengan materi sebelumnya, menghubungkan soal dengan disiplin ilmu lain dan dapat menghubungkan masalah kehidupan nyata kedalam soal dengan benar dan jawaban benar namun kurang dalam menghubungkan penyelesaian satu dengan lainnya, (3) siswa yang memiliki kemampuan visual thinking rendah mampu menghubungkan soal dengan disiplin ilmu lain dan mampu menghubungkan masalah kehidupan yata kedalam soal, tetapi belum dapat memecahkan masalah dengan cepat dan belum mampu menghubungkan soal yang berkaitan dengan gambar dan berhubungan dengan materi sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitin disarankan agar guru sering-sering menampilkan gambar pada penjelasan materi, sehingga siswa yang memiliki kemampuan visual thinking rendah dapat memahami gambar dan materi yang disajikan dalam menyelesaikannya secara matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item