PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER ISLAMI DENGAN METODE IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Khotimah, Khusnul (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER ISLAMI DENGAN METODE IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Improve, Kepercayaan Diri Siswa, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran matematika berkarakter islami dengan metode Improve pada materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kroya tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi kepercayaan diri siswa, wawancara, angket kepercayaan diri dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan angket kepercayaan diri dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitas. Jumlah pertanyaan yang di uji coba pada angket sebanyak 22 pertanyaan dan diperoleh 12 pertanyaan yang valid dan nilai reliabilitas adalah 0,733, kemudian, jumlah soal kemampuan pemahaman konsep matematis yang di uji coba sebanyak 10 soal dan diperoleh 8 soal yang valid dan nilai reliabilitas yaitu 0,784. Peningkatan kepercayaan diri dapat dilihat dari presentase observasi dan angket kepercayaan diri siswa kelas VIII A pada siklus-I menunjukkan presentase sebesar 4% dan pada siklus-II sebesar 88%. Hasil angket kepercayaan diri siswa pada pra tindakan sebesar 0%, pada siklus-I sebesar 30% dan pada siklus-II sebesar 78%. Kemampuan pemahaman konsep matematis dilihat dari peningkatan skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII A pada pra tindakan sebesar 55,704, pada siklus-I sebesar 68,037, dan pada siklus-II sebesar 70,889, sehingga peningkatannya sebesar 12,333 dari pra tindakan dan sebesar 2,853 dari siklus-I. Sedangkan untuk kinerja guru dilihat dari presentase observasi aktivitas guru pada siklus-I sebesar 85,18% dan pada siklus-II sebesar 96,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika berkarakter islami dengan metode Improve dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item