PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MEDIA BOTOL PERISTIWA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KELAS VIII SMP NU KESESI KABUPATEN PEKALONGAN

Setiawan, Rizal (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MEDIA BOTOL PERISTIWA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KELAS VIII SMP NU KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Menulis Teks Berita, Media Botol Peristiwa, Model STAD, Pendidikan Karakter. Penelitian inidengan judul peningkatan ketrampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran student team-achivment divisions (STAD) dan media botol peristiwa nermuatan pendidikan karakter kelas VIII SMP NU KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran STAD dengan media botol peristiwa bermuatan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan model STAD dengan media botol peristiwa bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas VIII SMP NU KESESI, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan model STAD dengan media botol peristiwa bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas VIII SMP NU KESESI, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP NU KESESI setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan model STAD dengan media botol peristiwa bermuatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berupa analisisnilai dari hasil tes menulis teks berita pada tahap prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III, kemudian menghitung nilai rata-rata yang diperoleh. Untuk kualitatif, dalam penelitian ini berupa analisis dari hasil nontes berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP NU KESESI mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis teks berita. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes pada prasiklus yang mendapat nilai rata-rata sebesar 49,52. Hasil tersebut meningkat pada siklus I di mana siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,38. Untuk siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,76. Dan siklus III siswa mendapatkan rata-rata 84,11 Hal tersebut membuktikan bahwa hasil keterampilan siswa dalam menulis teks berita mengalami peningkatan pada siklus I, II,III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item