Magfiroh, Anik (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABTRAK.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
Abstract
Kata kunci : menulis berita, model pembelajaran think pair and share (TPS) menggunakan media visual Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP N 3 Sayung Demak masih tergolong rendah karena belum semua siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 71 dan perlu ditingkatkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana peningkatan hasil belajar menulis teks berita dengan model think pair and share (TPS) menggunakan media visual pada siswa kelas VIII SMP N 3 Sayung, (2) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran think pair and share (TPS pada siswa kelas VIII SMP N 3 Sayung , (3) bagaimanakah peningkatan perubahan prilaku siswa dalam menggunakan model think pair and share (TPS) Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III dengan batas ketuntasan minimal 71. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP N 3 Sayung Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis teks berita dan teknik nontes berupa, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Peningkatan hasil tes siswa dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 73,33, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 79,30, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 91,03. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus II sebesar 5,97, dan siklus III sebesar 11,73 Hasil nontes observasi sikap, siklus I siswa mendapatkan rata-rata sikap baik, siklus II siswa mendapatkan rata-rata sikap baik, dan siklus III siswa mendapatkan rata-rata sikap baik sekali. Angket sikap prasiklus mendapatkan siklus I mendapatkan nilai rata-rata 83,37%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 87,54%, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 99,62%. Angket motivasi siklus I mendapatkan nilai rata-rata 66,7%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 72,16%, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 79,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, membuktikan bahwa siswa hendaknya memiliki semangat yang tinggi, sehingga siswa dapat berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:40 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10107 |
Actions (login required)
View Item |