PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN GEBANGSARI 02

Prastyani, Nia (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN GEBANGSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give berbantuan media gambar di kelas V SDN Gebangsari 02, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap pertemuan dalam siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gebangsari 02 yang terdiri dari 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes terdiri dari tes evaluasi, sedangkan untuk teknik non tes terdiri dari angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adanya peningkatan disiplin siswa ditunjukkan dengan peningkatan aspek disiplin siswa dari siklus I dengan persentase 78,36% dengan kriteria disiplin siswa baik meningkat ke siklus II dengan persentase 87,66% dengan kriteria disiplin sangat baik. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 77,66 dengan persentasi ketuntasan 81,8%, meningkat ke siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 86,93 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar di kelas V SDN Gebangsari 02. Kata kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:33
Last Modified: 17 Jan 2018 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9437

Actions (login required)

View Item View Item