PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN KELAS III SDI DARUL HUDA

Mardiana, Cica (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN KELAS III SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi di kelas III SDI Darul Huda yang menunjukan masih kurangnya kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif yang ditunjukan dengan proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan masih kurangnya pengunaan media pembelajaran. Selain itu masih kurangnya nilai matematika yang ditunjukan dengan nilai ulangan tengah semester, masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan media blok pecahan kelas III SDI Darul Huda. Subyek penelitian di kelas III B dengan jumlah siswa sebanyak 39. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus tediri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Index Card Match berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase kreativitas siswa dari siklus I 72,10% kriteria baik pada siklus II menjadi 89,19% kriteria sangat baik. Untuk kemampuan berpikir kreatif mengalami peningkatan, pada postes siklus I ketuntasan belajar 61,54% dan dengan rata-rata 59,03 dan persentase indikator kemampuan berpikir kreatif 59,03% pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan belajar 94,87% dengan rata-rata 80,36 dan persentase kemampuan berpikir kreatif sebesar 80,36% pada siklus II. Kata Kunci : Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Index Card Match, Media Blok Pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:49
Last Modified: 15 Jan 2018 05:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item