Zulianingsih, Arni (2017) STRATEGI DAN PENDEKATAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN KEBERAGAMAAN REMAJA (Studi Kasus Siswa MTs Miftahul Huda, MTs Darul Ulum dan MTs Sunan Muria di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara). Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini merupakan kajian tentang Strategi dan Pendekatan Guru PAI dalam Pembinaan Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Siswa MTs Miftahul Huda, MTs Darul Ulum, dan MTs Sunan Muria di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara), dengan masalah, yaitu : 1). Bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan keberagamaan remaja, 2). Bagaimana pendekatan guru PAI dalam pembinaan keberagamaan remaja, dan 3). Bagaimana keberagamaan remaja diMTs Miftahul Huda, MTs Darul Ulum, dan MTs Sunan Muria di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam pelaksanaan pembinaan keberagamaan. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus karena fokus penelitian ini menjawab pertanyaan “bagaimana” pembinaan keberagamaan dan ingin meliputi kondisi kontekstual yang relevan dengan fenomenanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Strategi dan Pendekatan Guru PAI dalam Pembinaan Keberagamaan di di MTs Miftahul Huda, MTs Darul Ulum, dan MTs Sunan Muria di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. (1) Keberagamaan yang digunakan di MTs Miftahul Huda, MTs Darul Ulum, dan MTs Sunan Muria, melalui beberapa pembinaan keberagamaan, antara lain: 1. Pembiasaan siswa dalam melaksanakan ibadah, 2. Berdoa di awal dan akhir pelajaran, 3. Penerapan dakwah system langsung (DSL) di kelas dan mushola, 4. Sholat dhuha bersama, dan dzuhur berjamaah, 5. Pendampingan teman sebaya, 6. Sikap ta’dim (patuh) kepada guru, 7. Pendidikan ke-NU-an, 8. Peringatan Hari Besar Agama Islam (PHBI), dan 9. Bakti sosial. (2). Strategi guru PAI dalam pembinaan keberagamaan remaja disini dibagi menjadi tiga, yakni : 1. Strategi guru PAI dalam membuat perencanaan pembinaan keberagamaan, 2. Strategi guru PAI dalam pelaksanaan pembinaan keberagamaan, dan 3. Strategi guru PAI dalam evaluasi pembinaan keberagamaan. (3). Pendekatan guru PAI dalam pembinaan keberagamaan adalah menggunakan pendekatan kontekstual, adapun langkah-langkah pendekatan yang dilakukan yaitu 1. Peserta didik menyusun pengetahuan, dan keterampilan sedikit demi sedikit, 2. Peserta didik aktif untuk bertanya sebagai wujud ingin tahu, 3. Peserta didik menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilannya (inkuiri), 4. Peserta didik membentuk kelompok atau masyarakat belajar, 5. Terdapat model yang dapat ditiru, 6. Terdapat refleksi dalam pembelajaran, dan 7. Menggunakan peniaian otentik. Kesimpulannya dari strategi dan pendekatan guru PAI mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembinaan keberagamaan remaja di MTs Miftahul Huda, MTs Darul Ulum, dan MTs Sunan Muria di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Kata Kunci:Strategi, Pendekatan, Pembinaan Keberagamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:42 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8971 |
Actions (login required)
View Item |