Riffriyanti, Eni (2017) STRATEGI GURU DALAM MEMILIH VARIASI METODE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI). (STUDI PADA MTs. MIFTAHUL ULUM WEDING BONANG DEMAK DAN MTs. ANNURIYAH GEBANG KAUMAN BONANG DEMAK) TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Image
PERSETUJUAN PUBLIKASI.jpg Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam memilih variasi metode pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs. Miftahul Ulum Weding Bonang Demak dan MTs. Annuriyah Gebang Kauman Bonang Demak, bagaimana respon peserta didik terhadap variasi metode pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs. Miftahul Ulum Weding Bonang Demak dan MTs. Annuriyah Gebang Kauman Bonang Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam teknik wawancara, peneliti memilih beberapa informan yaitu kepala sekolah, guru SKI, dan peserta didik. Dalam teknik observasi, peneliti mengamati secara langsung pelaksanaan variasi metode pada pembelajaran SKI. Dalam teknik dokumentasi peneliti memperoleh dokumen berupa bahan statistik sekolah, foto dokumentasi, RPP, serta surat keterangan meneliti. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Strategi guru dalam memilih variasi metode pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs. Miftahul Ulum Weding Bonang Demak dan MTs. Annuriyah Gebang Kauman Bonang Demak ini bermacam-macam diantaranya adalah: guru melihat kondisi kesehatan peserta didik; guru melihat kondisi psikologi peserta didik; guru melihat waktu yang dijadwalkan untuk mata pelajaran SKI, guru melihat isi materi pelajaran SKI yang akan disampaikan; 2)Respon positif peserta didik terhadap variasi metode pada pembelajaran SKI di MTs. Miftahul Ulum Weding Bonang Demak dan MTs. Annuriyah Gebang Kauman Bonang Demak ditunjukkan dengan semangat belajar ketika pelajaran SKI disampaikan dengan menggunakan variasi metode pembelajaran, tidak mengantuk ketika mata pelajaran SKI disampaikan dengan bervariasi metode, merasa senang dan tidak jenuh ketika pelajaran SKI disampaikan dengan menggunakan bervariasi metode, merasa kurang terhadap jam pelajaran SKI yang diselenggarakan oleh sekolah, dan merasa perlu diadakan penambahan jam mata pelajaran SKI. Kata kunci : Strategi, variasi metode pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:42 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8970 |
Actions (login required)
View Item |