Sukur, M.Ngabdul (2017) STRATEGI KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH BANAT TAJUL ULUM BRABO GROBOGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Image
PUBLIKASI.jpg Download (986kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah selaku manajer kegiatan madrasah di MA Banat Tajul Ulum Brabo Grobogan, serta bagaimana strategi kepala madrasah selaku supervisor proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Banat Tajul Ulum Brabo Grobogan. Penelitianinimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sobyek penelitian meliputi kepala Madrasah Aliyah Banat Tajul Brabo Grobogan, ketua yayasan, komite Madrasah,Guru, karyawan dan siswa. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian diuji keabsahannya dengan trianggulasi diskusi sejawat yang kemudian dianalisis dengan teknik interaktif. Darihasilpenelitianmenunjukanstrategimanajerialkepala madrasah ditemukanbahwasecarateknikkepala madrasahmemilikistrategi yang baik,untuk melaksanakankegiatandimadrasah,hal ini ditunjukan dengan kegiatan sesuai dengan perencanaan dan motivasi para guru dalam mejalankan kegiatan. Strategi kepala Madrasah dalam melakukan supervisor secara teknik juga baik untuk melaksanakan supervisornya, hal ini ditunjukan bahwa proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah banat Tajul Ulum Brabo Grobogan berjalan sesuai harapan dan guru termotivasi dengan adanya supervisor. Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Banat Tajul Ulum Brabo Grobogan dari hasil penelitian dan pembahasan dapat dinyatakan cukup baik. Mutu peliputi segi input, proses dan output. Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui strategi manajer dan strategi supervisor sangat baik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang selalu dilakukan perbaikan di berbagai unsur terkait seperti SDM, sarana, regulasi, evaluasi dan supervisi. Katakunci: kepala madrasah, manajer supervisor, mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8847 |
Actions (login required)
View Item |