Mundlofir, Ali (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI DI SD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
||
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
||
Text
9.BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
|
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi di SD Islam Hidayatullah merupakan salah satu metode yang sudah baik karena hasil yang diterapkan terhadap siswa adalah mampu membaca dan memahami al-Qur’an dengan fasih, tartil, tajwid dan gharib. Selain itu siswa juga hafal juz ‘amma. akan tetapi dilihat dari hasil munaqosah khususnya kelas VI masih belum mencapai ketuntasan yang diharapkan, oleh karena itu perlu ada kajian penelitian untuk mengetahui faktor penyebabnya. Maka peneliti melakukan kajian penelitian bagaimana proses meningkatkan pembelajaran al-Qur’an metode ummi di SD Islam Hidayatullah Semarang Jenis Penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini sedang berlansung. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan Proses pembelajaran al-Qur’an metode ummi terbagi menjadi 3 tahapan: Tahap Awal: pembuka dan do’a. Tahap Proses: hafalan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan, dan tugas dirumah. Tahap Akhir : do’a dan salam. Untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an baik dari aspek fashohah, tartil, ghorib, tajwid dan juz ‘amma tidak hanya mengandalkan kekuatan buku akan tetapi dalam metode ummi lebih mementingkan tiga hal yaitu: metode yang bermutu, guru yang bermutu, sistem yang berbasis mutu. Kata Kunci : Metode Ummi, Peningkatan kemampuan membaca Al-qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8843 |
Actions (login required)
View Item |