PENINGKATAN DISIPLIN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGASEM

Dwipayana, Dewi Tara (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Karangasem yang berjumlah 16 siswa.Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin dan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Mind Mappingpada kelas IV SD Negeri 01 Karangasem.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan disiplin dan kemampuan pemecahan masalah.Hal ini terbukti pada siklus I dan siklus II disiplin dan kemampuan pemecahan masalah siswa terus meningkat. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa disiplin siswa memperoleh persentase rata-rata 62,63% dengan kriteria baik sedangkan kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata-rata kelas 60,94 dengan ketuntasan belajar 69% kriteria baik. Pada siklus IIdisiplin mengalami peningkatan dengan memperoleh persentase rata-rata 90,25% dengan kriteria sangat baik . Sedangkan kemampuan pemecahan masalah meningkat dengan rata-rata 77,50 dan ketuntasan belajar 88% kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan disiplin dan kemampuan pemecahan masalah siswa mata pelajaran matematika pada kelas IV SD Negeri 01 Karangasem. Kata Kunci: Disiplin, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembalajaran Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:43
Last Modified: 24 Nov 2017 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item