PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY STRATEGI REACTMELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Katja, Kasfaisal (2017) PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY STRATEGI REACTMELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

Kata Kunci : Two Stay Two Stray, REACT, Hands On Activity, Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang memperoleh pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity, dan pembelajaran TSTS strategi REACT, serta pembelajaran model TSTS pada materi jajar genjang dan layang-layang di SMP Negeri 39 Semarang dengan kriteria “rata-rata kemampuan berpikir kreatif pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity lebih baik dari pada rata – rata kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran TSTS strategi REACT, dan pembelajaran model TSTS”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif tipe komparasi (perbandingan). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 39 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Pemelihan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity, kelas VII H diberi perlakuan pembelajaran TSTS strategi REACT, dan kelas VII E diberi perlakuan pembelajaran TSTS. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Pengujian data dengan α=5%meliputi uji sampel, uji instrument tes, dan uji hipotesis penelitian. Peneliti menggunakan uji ANOVA satu arah dan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil ANOVA satu arah diperoleh nilai sig. = 0,001 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara ketiga kelas eksperimen tersebut; (2) hasil Independent Sampel T Testmenunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 1 sebesar 79,44 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2 sebesar 76,56 dengan selisi sebesar 2,56; (3) hasil Independent Sampel T Testmenunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 1 sebesar 79,44 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 3 sebesar 71,28 dengan selisi sebesar 8,16; (4) hasil Independent Sampel T Testmenunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 2 sebesar 76,56 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 3 sebesar 71,28 dengan selisi sebesar 5,28. Oleh karena itu,pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity lebih baik lebih baik dari pada pembelajaran TSTS strategi REACT, dan pembelajaran model TSTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:42
Last Modified: 24 Nov 2017 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7941

Actions (login required)

View Item View Item