Katja, Kasfaisal (2017) PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY STRATEGI REACTMELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
Abstract
Kata Kunci : Two Stay Two Stray, REACT, Hands On Activity, Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang memperoleh pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity, dan pembelajaran TSTS strategi REACT, serta pembelajaran model TSTS pada materi jajar genjang dan layang-layang di SMP Negeri 39 Semarang dengan kriteria “rata-rata kemampuan berpikir kreatif pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity lebih baik dari pada rata – rata kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran TSTS strategi REACT, dan pembelajaran model TSTS”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif tipe komparasi (perbandingan). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 39 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Pemelihan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity, kelas VII H diberi perlakuan pembelajaran TSTS strategi REACT, dan kelas VII E diberi perlakuan pembelajaran TSTS. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Pengujian data dengan α=5%meliputi uji sampel, uji instrument tes, dan uji hipotesis penelitian. Peneliti menggunakan uji ANOVA satu arah dan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil ANOVA satu arah diperoleh nilai sig. = 0,001 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara ketiga kelas eksperimen tersebut; (2) hasil Independent Sampel T Testmenunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 1 sebesar 79,44 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2 sebesar 76,56 dengan selisi sebesar 2,56; (3) hasil Independent Sampel T Testmenunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 1 sebesar 79,44 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 3 sebesar 71,28 dengan selisi sebesar 8,16; (4) hasil Independent Sampel T Testmenunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 2 sebesar 76,56 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 3 sebesar 71,28 dengan selisi sebesar 5,28. Oleh karena itu,pembelajaran TSTS strategi REACT melalui Hands On Activity lebih baik lebih baik dari pada pembelajaran TSTS strategi REACT, dan pembelajaran model TSTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:42 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7941 |
Actions (login required)
View Item |