Nafisah, Haifa (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DENGAN MEDIA PUZZLE ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
Abstract
Kata Kunci : Auditory Intellectually Repetition, Puzzle Islami, Kemampuan Komunikasi Matematis. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting untuk menyelesaikan soal kontekstual. Maka sudah selaknya kemampuan tersebut dikembangkan dengan maksimal. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan media puzzle Islami terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi lingkaran dengan kriteria: (1) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition dengan media puzzle Islami mencapai ketuntasan; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition dengan media puzzle Islami lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran jigsaw; (3) terdapat pengaruh aktivitas model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition dengan media puzzle Islami terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 10 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi, metode tes, metode observasi, dan metode wawancara. Pengujian data dengan α=5% meliputi uji sampel, uji instrumen tes, dan uji hipotesis penelitian. Penelitian menggunakan uji t satu sampel, uji t dua sampel, dan uji regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan media puzzle Islami terhadap kemampuan komunikasi matematis adalah: (1) hasil One sample T Test diperoleh nilai mean sebesar 79,19 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa mencapai ketuntasan yaitu 72; (2) hasil Independent T Test menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 79,19 lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 73,75 dengan selisih sebesar 5,44; dan (3) hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh nilai aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis yaitu sebesar 68,9% dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂=-35,870+ 1,392x. Dengan demikian, model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan media puzzle Islami efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:42 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7936 |
Actions (login required)
View Item |