PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS X Tein 2 SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Darajat, Intan Rahma (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS X Tein 2 SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI .pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Menulis Teks Prosedur Kompleks, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Media Gambar Seri. Keterampilan menulis Teks Prosedur Kompleks di kelas X Tein 2 SMK Negeri 4 Semarang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Banyaknya faktor yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran mengakibatkan siswa tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan kondisi tersebut, harus ada usaha untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif adalah menghadirkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together dan media gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa, sikap belajar siswa dan motivasi belajar siswa dalam materi menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together dan media gambar seri. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam bentuk tindakan proses pembelajaran siklus (prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III) dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan instrumen untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Teknik nontes digunakan untuk mengetahui peningkatan sikap belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis Teks Prosedur Kompleks dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together dan gambar seri. Rata-Rata nilai tes pada prasiklus sebesar 68,33, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 77,39, nilai rata-rata pada siklus II sebesar 84,72 dan nilai rata-rata pada siklus III sebesar 89,33. Secara umum juga terjadi perubahan sikap belajar dan motivasi belajar siswa ke arah yang lebih baik dan positif, yaitu siswa semakin menunjukkan peningkatan sikap semangat, serius, aktif, termotivasi dan disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran menulis Teks Prosedur Kompleks. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, sesuai minat siswa dan sesuai kesiapan siswa dapat meningkatkan perubahan sikap perilaku siswa kearah yang positif dan lebih baik yang pada akhirnya mampu meningkatkan nilai kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:37
Last Modified: 24 Nov 2017 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7912

Actions (login required)

View Item View Item