PENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH MELALUI STRATEGI BERSAING, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PELANGGAN, DAN ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DALAM KONTEKS MODAL SPIRITUAL DAN MODAL SOSIAL DI JAWA TENGAH

Rojak, Abdul (2015) PENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH MELALUI STRATEGI BERSAING, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PELANGGAN, DAN ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DALAM KONTEKS MODAL SPIRITUAL DAN MODAL SOSIAL DI JAWA TENGAH. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Tesis 2015_1daftar isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis 2015_1abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis 2015_1cover.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan, adaptabilitas lingkungan dan strategi bersaing terhadap kinerja organisasi. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh variable moderasi modal spiritual dan modal social pada hubungan antara strategi bersaing dan kinerja organisasi. Untuk menguji variable tersebut, peneliti menjadikan UKM Furniture di Jawa Tengah sebagai obyek penelitian. Penelitian digunakan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 120 pemilik atau manager UKM furniture di Jawa Tengah. Pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode purposive sampling dari populasi yang ada dengan mempertimbangkan karakteristik populasi yaitu representage secara proporsional berdasarkan wilayah kerja yaitu Komda Solo, Komda Semarang, Komda Jepara, Komda Kudus, Komda Blora, Komda Magelang, Komda Purworejo dan Komda Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan dan adaptabilitas lingkungan berpengaruh secara positif terhadap strategi bersaing. Selanjutnya variable orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan dan strategi bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja UKM di Jawa Tengah. Namun variable adaptabilitas lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja organisasi. Variable modal spiritual ternyata tidak terbukti menjadi moderasi antara strategi bersaing dan kinerja UKM. Sedangkan modal social terbukti mampu menjadi moderasi antara strategi bersaing dan kinerja UKM furniture di Jawa Tengah. Kata Kunci:Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pelanggan, Adaptabilitas Lingkungan, Strategi Bersaing, Kinerja Organisasi, Modal Spiritual, Modal Social.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2015 02:41
Last Modified: 21 Aug 2015 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item