Istirowati, Istirowati (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. Cover.pdf Download (936kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Dengan subyek penelitian kelas V B SD Negeri Karangroto 01 dengan jumlah 27 siswa. 11 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil observasi di SD Negeri Karangroto 01 kelas V B menunjukan bahwa hasil belajar aspek kognitifmasih tergolong rendah, dapat dilihat dari 27 siswa mendapat nilai rata-rata 56. 20 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, hanya 7 siswa yang sudah memenuhi KKM, berarti 26% yang sudah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terjadi peningkatan hasil belajar matematika kelas V B. Dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 71 dengan persentase ketuntasan 77% pada siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu memperoleh nilai rata-rata 78 dengan persentase ketuntasan 92%. Serta adanya peningkatan aspek afektif yang berupa rasa ingin tahu dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I secara keseluruhan memperoleh persentase 61,43% termasuk kriteria baik. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik yaitu dengan persentase 80,35% termasuk kriteria sangat baik.Dari diskripsi diatas dapat disimpulkan bahwa melalui Model pembelajarankooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V B SD Negeri Karangroto 01. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share(TPS)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6539 |
Actions (login required)
View Item |