Lutfiani, Amalia (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Tanggung jawab dan nilai belajar siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subyek siswa kelas V B SD Negeri Karangroto 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, angket, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab pada siklus I ke siklus II, pada siklus I ketuntasan klasikalnya adalah 67,76% dengan kategori bertanggung jawab dan siklus II ketuntasan klasikalnya adalah 83,44% dengan kategori sangat bertanggung jawab. Adanya peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dan aktivitas guru, dimana aktivita siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh rata-rata 4 dengan kategori baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dimana siklus I memperoleh rata-rata 2,9 dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat mempengaruhi nilai belajar siswa dilihat dari peningkatannya yaitu pada siklus I adalah 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar dalam pembelajaran IPA. Saran penelitian ini sebaiknya guru menerapkan model inovatif atau menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Tanggung jawab, Nilai belajar, Model Pembelajaran Contextaul Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:28 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6510 |
Actions (login required)
View Item |