PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 1

Auva, Elvia Jaza’al (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrack.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (964kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

Kreativitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Banjarsari 1 masih tergolong rendah. Diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA materi hubungan makanan dengan kesehatan kelas V SD Negeri Banjarsari 1. Model yang digunakan adalah model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kreativitas dan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri Banjarsari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Banjarsari 1 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan peningkatan kreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Hasil observasi kreativitas belajar siswa pada siklus I dengan persentase 38,09% termasuk kriteria kreativitas siswa baik. Pada siklus II dengan persentase 43,80% termasuk kriteria kreativitas baik.Prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan prestasi rata-rata 73,35 dan ketuntasan belajar 66,67%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,25 dengan ketuntasan belajar 85,71%. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi belajar, Model PembelajaranInkuiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:04
Last Modified: 30 Dec 2016 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6440

Actions (login required)

View Item View Item