PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING TEKS PENGUMUMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS IV SDN HARJOWINANGUN 2

Muzakiyatunnisak, Muzakiyatunnisak (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING TEKS PENGUMUMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS IV SDN HARJOWINANGUN 2. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengajaran bahasa Indonesia dimaksudkan untuk melatih keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis yang masing-masing erat hubungannya. Pada hakikatnya pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulisan. Hasil pengamatan di SDN Harjowinangun 2 keterampilan membaca nyaring di kelas IV kurang. Proses pembelajaran metode yang dilaksanakan guru masih memfokuskan pada guru saja, siswa pasif dan cepat merasa bosan sehingga pembelajaran tidak bermakna. Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pemilihan yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. NHT digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan melibatkan banyak siswa dalam menelaah materi pembelajaran. Melalui pembelajaran NHT, siswa dapat belajar aktif dan berjiwa kompetitif secara kelompok. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring teks pengumuman melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas IV SDN Harjowinangun 2, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Harjowinangun 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes melalui lembar tes evaluasi belajar siswa dan non tes menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan model NHT terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring teks pengumuman ditunjukkan dengan peningkatan aspek psikomotor dan kognitif. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 78,90 dengan persentase ketuntasan klasikal 68,75% dan jumlah siswa yang tuntas 22 dari 32 siswa pada kriteria baik. Siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 88,12 dengan persentase ketuntasan klasikal 84,37% dan jumlah siswa yang tuntas 27 siswa dari 32 siswa pada kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan membaca nyaring siklus 1 dan 2 adalah 9,22 dengan persentase 15,62%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring teks pengumuman di kelas IV SDN Harjowinangun 2. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca Nyaring, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:04
Last Modified: 30 Dec 2016 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6436

Actions (login required)

View Item View Item