Maslan, Maslan (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
Abstract
Kata Kunci : Group Investigation, Pendidikan Karakter, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswaSMPpada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi dengan kriteria: (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakter dapat mencapai ketuntasan yaitu 75; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada model CTL berintegrasi pendidikan karakter; dan (3) ada pengaruh nilai pendidikan karakter pada model pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al Fattah Semarang tahun ajaran 2015/2016.Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakter dan kelas VII B sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran CTL berintegrasi pendidikan karakter. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Pengujian data dengan α=5% meliputi uji sampel, uji instrumen tes, dan uji hipotesis penelitian. Peneliti menggunakan uji t satu sampel, uji t dua sampel independen, dan uji regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa : (1) hasil one sample T Testdiperoleh nilai mean sebesar 83,00 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang dapat diartikan bahwarata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai ketuntasan yaitu 75; (2) hasil Independent Sampel T Testmenunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 83,00 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 77,85 dengan selisih sebesar 5,15; dan (3)hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh nilai pendidikan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 50,5% dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂ = -14,020 + 1,177 x. Oleh karena itu, model pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakterefektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 06:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 06:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6419 |
Actions (login required)
View Item |